fbpx

 

10 Wisata Hits Jogja

Yogyakarta, merupakan kota yang setingkat dengan Provinsi maka dari itu disebut sebagai D.I Yogyakarta atau Daerah Istimewa. Sering juga disingkat menjadi DIY. Yogyakarta sendiri merupakan pelemburan bekas (Negara) Kesultanan Yogyakarta dengan (Negara) Kadipaten Paku Alaman. Ada banyak sejarah dan tempat wisata menarik di Yogyakarta. Ya, Anda juga pasti pernah mendengar lagu berjudul “Yogyakarta”. Oleh karena itu, ketika mengunjungi Yogyakarta ada sejuta kesan yang akan tetap tinggal di hati, bahkan setelah Anda harus meninggalkannya! Jika teman-teman mampir ke 10 Wisata Hits Jogja.

10 Wisata Hits Jogja

10 Wisata Hits Jogja

Nah, berikut kami rangkum 10 tempat wisata menarik di Yogyakarta yang patut anda kunjungi saat berwisata di daerah Yogyakarta yang dijamin akan memberikan kesan mendalam ketika Anda bahkan harus meninggalkannya.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu dari 10 tempat wisata menarik di Yogyakarta, bahkan Anda wajib ke sini bila sudah menginjakkan kaki di Yogyakarta. Pantai ini sudah terkenal sejak dahulu dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan terdapat berbagai peninggalan sejarah. Awal mulanya pantai ini adalah batu-batu karang dan terdiri dari berbagai batu kapur yang selalu meneteskan air yang mengandung kapur menyerupai tritis – hal inilah yang menyebabkan batu karang malah semakin besar.

2. Pantai Baron

Terletak di Gunung Kidul. Untuk mencapainya kita harus ke kota Wonosari terlebih dahulu, dan jalan ke sana dikelilingi oleh pohon kelapa. Airnya juga cukup jernih dan merupakan muara dari berbagai sungai dengan batu karang yang berdiri kokoh. Pantai Baron terkenal punya ombak yang cukup besar, namun keluarga masih bisa menikmati air hingga batas yang ditetapkan.

3. Gembira Loka

Merupakan kebun binatang yang berlokasi di area aliran sungai Gajah Wong. Kebun binatang ini punya banyak koleksi hewan dan selalu bertambah dengan adanya hewan-hewan yang berkembang biak. Selain itu, Anda pun akan dimanjakan dengan taman mini yang menyejukkan mata.

4. Puncak Merapi & Kaliurang

Merupakan satu-satunya gunung berapi di Yogyakarta dan dikelilingi oleh dataran pasir yang tidak rata pada puncaknya. Ketika menunjukkan erupsinya maka Gunung Merapi akan menawarkan pemandangan yang memukau dengan gumpalan asap yang berwarna kehitam-hitaman atau putih kelabu. Akan sangat tertantang untuk menaklukkannya. Namun, bagi Anda yang tidak suka mendaki pun dapat menikmati keindahan Gunung Merapi dari jauh, tepatnya di daerah Kaliurang. Tempat ini telah dikembangkan. Makanya tidak heran jika Anda akan menemukan vila dan tempat makan.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur sempat menjadi 7 keajaiban dunia dan merupakan monumen kuil Buddha terbesar di seluruh dunia. Borobudur memiliki nilai jiwa seni, budaya dan filosofis. Masih banyak pertanyaan seputar Borobudur sendiri mengenai kapan dan siapa yang membangun candi raksasa ini. Anda yang berkunjung ke Yogyakarta maka Candi Borobudur merupakan 1 dari 10 tempat wisata menarik di Yogayakarta.

6. Candi Prambanan

Merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia yang berada tepat di perbatasan antara Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan. Candi Prambanan merupakan salah satu situs yang dilindungi oleh UNESCO.

7. Malioboro

Malioboro adalah pusat wisata belanja di Yogyakarta dan berlokasi di tengah kota Yogyakarta. Anda pun dapat berwisata kuliner di Malioboro mulai dari makanan khas Yogya hingga masakan China. Terdapat Mall besar di Yogya yakni Malioboro Mall. Ketika berada di sini, jangan lupa untuk mencoba naik “andhong” atau semacam beca khas Yogyakarta.

8. Parang Wedang

Anda yang ingin mencoba berendam di air panas dapat datang ke tempat ini. Parang Wedang merupakan sumber mata air panas yang memancar keluar. Dipercaya bahwa air di sini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

9. Goa Selarong

Merupakan kawasan objek wisata yang punya pemandangan alam yang sangat indah dan terdapat sentra kerajinan kayu di sekitarnya.

10. Goa Cerme

Gua ini termasuk gua yang panjang dan dalam. Anda akan menemui keindahan stalagtit dan stalagmit di sini dan ratusan hingga ribuan kelelawar yang menghuni goa di siang hari.

 

 

Demikian informasi tentang seputaran kota jogja. Jangan lupa teman-teman mampir ke 10 Wisata Hits Jogja agar mendapat pengalaman yang berbeda ketika disana.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *