fbpx

Bantul sebagai pusat wisata tidak bisa dipisahkan dengan oleh-oleh khasnya. Oleh-oleh khas Bantul ada yang sampai masuk MURI lho. Waw… Tahukah anda apa saja oleh-oleh khas Bantul ini? Berikut liputannya kami sajikan spesial untuk anda.

Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Peyek sangat mudah kita temui di mana-mana, tapi kalau peyek tumpuk? Hem… anda harus ke Bantul untuk mendapatkannya. Di Bantulpun tidak semua tempat menyediakan Peyek Tumpuk. Peyek yang masuk rekor MURI ini dapat anda nikmati dengan membeli di Jalan Wahid Hasyim no 104 B, Bantul. Mereka buka mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Peyek legendaris buatan Yu Tum ini berdiri sejak 1960.

Geplak Bantul

Geplak

Selain membuat peyek tumpuk, Yu Tum juga piawai membuat geplak. Makanan manis berbahan dasar gula jawa/gula pasir dan parutan kelapa ini juga sudah melegenda. Awalnya geplak hanya berwana putih dan coklat saja, namun saat ini warga geplak sudah bervariasi. Selain warna, rasa geplak juga sudah bermacam-macam. Anda bisa memilih bermacam-macam rasa, seperti : coklat, durian, stroberi dan rasa-rasa lainnya. Andapun bisa memilih bungkusnya sesuai selera anda, dengan besek yang terkesan tradisional ataupun dengan plastik mika yang terkesan modern.

Tiwul ayu

Tiwul Ayu

Tiwul merupakan makanan khas Bantul untuk wilayah pegunungan. Tidak semua orang Bantul bisa membuat tiwul. Namun Mbok Sum tidak hanya bisa membuat tiwul, melainkan juga mampu mengkreasikannya dengan berbagai makanan modern lainnya. Tiwul Keju, Tiwul Coklat dan Tiwul Gula Gawa adalah hasil kreasinya. Meskipun begitu, pengunjung bisa juga memilih tiwul original. Tiwul Ayu Mbok Sum bisa anda temui di Jalan Mangunan KM 4.5 RT 15, Mangunan Dlingo Bantul. Jam bukanya hanya sampai jam 19.00 WIB saja ya.

Sagon

Sagon

Hayo, ada yang tahu tidak, sagon itu apa? Sagon adalah makanan khas Bantul yang manis dan gurih. Ia terbuat dari tepung ketan, kelapa parut setengah tua dan gula pasir. Sagon yang terkenal salah satunya adalah buatan Pak Wariyanto, sejak tahun 1950an. Ciri khasnya sagon ini krispi dibagian luar dan terasah basah dibagian dalam.  Meskipun tanpa pengawet, sagon ini bisa bertahan 3 hari. Temen-temen bisa berkunjung ke tempat pembuatan Sagon legendaris ini di Jalan Wonosari KM 7, Wiyoro LorRT 02, Kelurahan Baturetno, Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah perpaduan berbagai daun-daunan yang ada di wilayah Imogiri dengan jahe dan cengkeh. Wedang ini sangat baik untuk kesehatan, karena terdiri dari berbagai bahan dari alam. Wedang Uwuh ini lebih nikmat bila disajikan dengan menambahkan gula batu. Temen-temen bisa mendapatkan Wedang Uwuh ini sekaligus berwisata di Wisata Rumah Jiwa Hafara yang beralamat di Gambiran, RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.Kalian bisa pesan dulu sebelum datang ke sana, biar tidak kehabisan. Pemesanan bisa dilakukan melalui no HP 0853 2792 6727

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *