fbpx

BATIK SHIBORI KARYA ODGJ DI WISATA RUMAH JIWA

Halo sahabat wisata, kembali lagi di web wisata rumah jiwa bersama mimin yang ok ini hehe.. Meneruskan karya seni batik shibori, para warga dampingan di wisata rumah jiwa berlatih membuat karya seni batik shibori. Nantinya kegiatan ini diharapkan menjadi bekal ketrampilan untuk di kembangkan setelah para warga dampingan pulang ke masyarakat. Kami ingin mengenalkan batik shibori karya dampingan Hafara

Stigma negatif Orang Dengan Gangguan Kejiwaan masih kerap menghantui para dampingan ketika ingin kembali ke masyarakat. Salah satu kegiatan pembekalan ketrampilan yang diberikan kepada mereka adalah membatik. Batik shibori karya odgj di Wisata Rumah Jiwa,  diharapkan dapat merubah stigma masyarakat tentang keberadaan kaum minoritas ini.

Batik sendiri merupakan warisan kebudayaan yang sangat tua. Disana banyak nilai sejarahnya. Seiring berkembangnya waktu , batik mengalami perubahan-perubahan dalam proses pembuatannya. Nah dikarenakan kerumitan pembuatannya batik tidak bisa sembarangan di bikin oleh orang-orang yang belum ahli.

 

Batik Shibori dan ODGJ di Wisata Rumah Jiwa

 

BATIK SHIBORI KARYA ODGJ DI WISATA RUMAH JIWA

Pertemuan batik shibori dan warga dampingan ODGJ terjadi di Panti Hafara. Di sini mereka diajari ketrampilan membatik shibori. Yang nantinya akan menjadi batik shibori karya odgj di Wisata Rumah Jiwa.

 

Seni pembuatan batik untuk kaum terpinggirkan

 

BATIK SHIBORI KARYA ODGJ DI WISATA RUMAH JIWA

Batik shibori sendiri merupakan penggabungan seni membatik dengan seni melipat yang di celupkan kedalam warna. Jadi ini merupakan teknik membatik dengan cara melipat kain sehingga nanti akan menjadi motif-motif yang bervariasi sesuai dengan teknik ketrampilan melipat kain yang di gunakan. Pembuatan batik shibori ini sangat relatif bisa menyesuaikan terhadap para pembuatnya. Jika pembuatnya adalah orang yang pintar dan ahli akan menjadikan hasil karya batik ini sangat bagus. Tetapi untuk orang biasa atau bahkan yang tidak tau bagaimana cara membatik, batik shibori dapat menyesuaikan dengan tingkat kemampuan kognitif masing-masing individu.

 

Di Wisata Rumah Jiwa sendiri para warga dampingan diajarkan kreatifitas membatik shibori. Diharapkan kreatifitas tersebut dapat dijadikan sebagai bekal ketrampilan mereka untuk survive melanjutkan kehidupannya di masyarakat.

Untuk pembelian batik shibori karya dampingan Hafara. Silahkan hubungi no WA: 0853 – 2796 – 6727
Sebagian hasil penjualan akan di donasikan untuk para kaum terlantar, odgj, dan sedekah.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *