fbpx

https://wisatarumahjiwa.com/wp-content/uploads/2019/08/222q.jpg

Halo sahabat wisata, kembali lagi di web wisata rumah jiwa. Kalian tau batik ? yaa… batik. Batik adalah maha karya yang berasal dari indonesia terumata Jawa. Sejarah batik begitu panjang sehingga masuk dalam salah satu warisan kebudayaan dunia yang berasal dari Indonesia. Nah di indonesia sendiri akhir -akhir ini berkembang yang namanya Batik Shibori. Yuk berkenalan dengan macam-macam Batik Shibori

Shibori sendiri berasal dari kata kerja ‘shiboru’ yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik dengan proses pengerjaan lebih sederhanan dari pada proses membatik tulis menggunakan canting.

 

Apa itu Batik Shibori?

 

Shibori sendiri adalah kesenian dari Jepang, untuk membuat sebuah pola pada kain melalui proses pencelupan pada pewarna. Dasar kesenian Shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna. Tujuannya agar hasil akhirnya membentuk pola sesuai dengan motif yang di inginkan. Batik Shibori adalah perkawinan dua budaya yang menghasilkan karya seni budaya dengan teknik baru yaitu membatik dengan teknik pencelupan pada pewarna dan teknik perlindungan kain untuk membentuk suatu motif batik. Sampai saat ini setidaknya ada 560 teknik perlindungan kain untuk memunculkan motif yang berbeda-beda pada pembuatan Batik Shibori.

 

Berikut adalah macam-macam tekhnik perlindungan kain yang sering di gunakan dalam pembuatan Batik Shibori.

 

1. Arashi Shibori

BATIK SHIBORI

Seperti namanya , teknik arashi ini akan membuat motif batik seperti hujan di kalai badai. Cara membuatnya cukup simple. Kain media pembuatan batik shibori di lilitkan pada sebuah tiang. Selanjutnya lilitan tersebut di ikat kencang dengan benang di sepanjang tiang, kemudian kain tersebut kita dorong sampai membentuk sebuah kerutan. Nah tinggal kita celupkan warna yang kita sukai, cukup mudah kan.

2. Itajime Shibori

BATIK SHIBORI

Itajime Shibori merupakan teknik membatik shibori dengan cara melipat dan menjepit kain. Teknik melipat dan menjepit ini dilakukan di antara dua buah kayu lalu mengikatnya dengan tali atau benang. Pada perkembangannya media kayu di modifikasi digantikan dengan akrilik yang di potong membentuk C- Klem. Biasanya teknik ini digunakan untuk membentuk pola batik shibori bernuansa kotak-kotak.

3. Kanoko Shibori

BATIK SHIBORI

BATIK SHIBORI

Batik Shibori dengan teknik pembuatan kanoko akan menghasilkan pola lingkaran acak. Cara membuat batik shibori dengan teknik inindilakukan dengan cara mengikat bagian tertentu dari kain. Pola lingkaran yang dihasilkan tergantung pada seberapa ketat ikatan kain dan pada bagian mana ikatan itu di terapkan.

4. Kumo Shibori

BATIK SHIBORI

Membuat batik shibori menggunakan teknik kumo sedikit rumit. kita cukup melipat kain secara halus dan merata. Selanjutnya kain tersebut diikat bagian-bagian yang berdekatan satu sama lain, sehingga terlihat membentuk pola seperti sarang laba-laba. Hasil dari teknik kumo ini akan variatif dan indah. Dan juga harga jual untuk pembuatan menggunakan teknik ini relatif lebih mahal karena proses pembuatan yang sedikit memerlukan effort.

5. Miura Shibori

BATIK SHIBORI

Teknik Miura merupakan salah satu teknik Batik Shibori yang unik. Teknik perlindungan kain ini dilakukan dengan cara mencabut bagian tertentu pada kain dengan menggunakan jarum kait tanpa simpul khusus apapun. Jadi kita cukup mengikat kain media batik dan melonggarkannya menggunakan tali. Nah motif yang di hasilkan dengan teknik ini akan nampak seperti pola air.

6. Nui Shibori

BATIK SHIBORI

Nui Shibori adalah teknik perlindungan kain untuk membuat motif Nui. Teknik ini dilakukan dengan cara, kain yang akan di jadikan media batik di jelujurkan kemudian kain di ikat dengan benang dan akan menghasilkan sebuah kerutan yang rapat. Meski kelihatan simple dan mudah dilakukan hasilnya akan bervariasi dan indah tergangung bagaimana cara kita membentuk pola jahit pada jelujur kain yang akan kita ikat dengan benang.

 

Di Wisata Rumah Jiwa sendiri para warga dampingan diajarkan kreatifitas membuat macam-macam batik shibori. Diharapkan kreatifitas tersebut dapat dijadikan sebagai bekal ketrampilan mereka untuk survive melanjutkan kehidupannya di masyarakat.

Untuk pembelian batik shibori. Silahkan hubungi no WA: 0853 – 2796 – 6727
Sebagian hasil penjualan akan di donasikan untuk para kaum terlantar, odgj, dan sedekah.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *