fbpx

Hello pegiat urban farming dan pecinta makanan organik. Ada kabar menarik nih buat kalian yang inggin berlibur di Jogja.  Sekarang sudah ada Lasem Sky Garden di Ngampilan. Lokasinya tepat di selatan Edu Hostel jl Letjen Suprapto.  Menurut Mba Imma Rachmawati, salah satu pegiat urban farming dan makanan organik, café ini merupakan cabang dari Lasem Urban Farming Café di Jl Kaliurang.

Lasem Cafe Organik

Lasem Cafe Or

Ketika mendengar kata Lasem, tentu hal yang pertama kalian ingat adalah batik Lasem. Tapi, Lasem di sini bukanlah tempat batik itu berada, ini adalah Lasem yang berada di kota Jogja. Lasem adalah singkatan dari kata Lahan Sempit. Sedangkan Sky Garden berarti lokasi taman ini ada di langit. Yes, that true. Lokasi taman ini tidak di tanah, namun ditaruh di dalam pot dan di jajar di lantai 2 café ini sebagai pengganti dinding.

Tanaman di Langit

Cafe Organik Lasem

Cafe Organik Lasem

Konsep Lasem Sky Garden ini adalah urban farming, memanfaatkan lahan sempit menjadi ruangan hijau dan bisa untuk bercocok tanam.  Dinding di café Lasem ini terdiri dari tanaman yang ditata didalam pot hingga membuat ruangan ini tidak terlihat dari luar. Namun tetap dengan konsep outdoor. Tanaman dalam pot ini ada macam-macam, seperti: bunga telang, mint, sledri, gingseng, bayam, pokcoy,  tomat, sawi, bawang, serai dan lidah buaya. Semua tanaman ini adalah tanaman yang biasa dibutuhkan di dapur sehari-hari dan tinggal petik bila mau digunakan.

Memanfaatkan Atap Tempat Parkir Bus

Lasem Cafe Organik

Lasem Cafe Organik

Café Lasem yang terlihat modern dan berkelas ini berada tepat diatas tempat perkir bus. Sesuai dengan konsepnya, hanya menggunakan lahan yang sempit. Awal mula dari adanya café ini karena tidak terpakainya bagian atas dari tempat parkir bus di samping Edu Hostel. Akhirnya pemilik tanah berinisiatif menjadikan lokasi diatasnya menjadi café.  Menariknya, sebagian besar ornament di dalam café ini dibuat dari bahan bekas, seperti pot yang terbuat dari jerigen bekas. Ada juga taman mini yang terbuat dari ban bekas. Botol bekas ditata untuk tempat lampu, sehingga warna lampu lebih indah. Barang-barang bekas ini ditata sedemikian rupa sehingga menambah eloknya desain café Lasem Sky Garden ini.

Menu Makanan di Lasem

Makanan Organik Lasem

Makanan Organik Lasem

Sebuah café dipilih untuk disinggahi karena menu-menu yang disajikan. Dalam café ini terdapat banyak menu barat, namun bercitarasa nusantara dan tanpa MSG. Menggorengnyapun tanpa menggunakan minat kelapa sawit, tapi menggunakan minyak kelapa. Tentu menu di sini lebih sehat. Makanan yang disajikan adalah :  Kombucha, Vegetable Salad, Caesar Salad, Nasi Bakar Kecombrang Tuna, Auflauf, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir harga menu makanan sehat ini mahal karena harganya berkisar Rp 9.000,00 – Rp 50.000,00 saja.

Café ini buka dari jam 15.00 hingga 23.00 WIB. Apabila kalian binggung menunggu waktu buka café ini mau ngapain dulu, gampang banget guys. Kalian bias mengisi waktu pagi kalian dengan berwisata ke Wisata Rumah Jiwa Hafara yang berada di Gambiran, RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *