fbpx

Jogja adalah kota budaya. Sebagai pusat perkembangan kesenian, Jogja memfasilitasi semua seniman untuk berekspresi. Tak terkecuali seni lukis. Di Jogja terdapat banyak galeri lukisan yang terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh wisatawan. Mana sajakah itu?

Museum Lukisan Keraton Yogyakarta

Museum Lukisan Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan yang memiliki galeri seni, sehingga mengoleksi berbagai hasil lukisan dari pelukis terkenal di zamannya. Lukisan yang di koleksi adalah sosok visual Raja-raja terdahulu. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu belum terdapat kamera untuk memotret. Lokasi galeri lukisan ini berada di kasatriyan kraton. Museum ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 13.30 WIB, kecuali hari jumat hanya buka sampai jam 13.00 saja. Untuk masuk pengunjung dikenai biaya Rp 5.000,00. Apabila menginginkan, pengunjung bias meminta didampingi oleh pemandu untuk berkeliling di sana.

 

Ullen Sentalu

Ullen Sentalu

Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang berarti nyala lampu blencong (lampu yang dipergunakan saat pertunjukan wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Adalah kepanjangan nama dari Ullen Sentalu. Lukisan di museum ini melengkapi cerita tentang peradapan pada zaman Kerajaan Mataram. Meskipun lokasinya di Jogja, sebagian dari koleksinya merupakan cerita tentang keratin solo. Awalnya museum ini merupakan koleksi pribadi, namun diubah menjadi museum yang dibuka untuk umum. Jam buka museum ini mulai pukul 08.30 – 16.00. untuk masuknya pengunjung dikenai biaya Rp 30.000,00 termasuk untuk welcome drink dan pemandu. Jangan ke sana hari senin tapi. Seperti museum pada umunya, saat hari senin museum ini libur.

 

Museum Affandi

Museum Affandi

Museum ini khusus memamerkan karya-karya affandi. Ada sekitar 300an karya dari affandi yang bias dinikmati oleh wisatawan.  Awal mula museum ini adalah galeri seni yang diresmikan di tahun 1962. Lalu pada tahun 1974 diresmikan Prof Ida Bagus Mantra sebagai Direktur Kebudayaan Umum menjadi museum yang terbuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar RP 25.000,00 saja untuk masuk museum ini dan mendapatkan welcome drink. Namun untuk pengunjung yang membawa kamera dikenai biaya lagi sebesar Rp10.000,00. Museum ini buka dari jam 09.00 WIB – 16.00 WIB.

 

Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta adalah salah satu lokasi Galeri Seni Lukisan di Jogja yang sangat terkenal. Lokasinya di Jalan Sri Wedani No 1, Yogyakarta. TBY memiliki kompleks gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni lainnya. TBY merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini memiliki banyak ruangan Taman Budaya Yogyakarta adalah sarana wisata yang terletak di Jalan Sri Wedani No 1, Yogyakarta. TBY memiliki kompleks gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni lainnya. TBY merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman Budaya Yogyakarta adalah sarana wisata yang terletak di Jalan Sri Wedani No 1, Yogyakarta. TBY memiliki kompleks gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni lainnya. TBY merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Wisata Rumah Jiwa

Wisata Rumah Jiwa

Lukisan di Wisata Rumah Jiwa Hafara ini berbeda dengan semua lukisan yang ada. Lukisan ini istimewa karena buatan anak-anak dengan gangguan jiwa. Melukis menjadi terapi bagi mereka. Bagi yang ingin mengunjungi  salah satu lokasi Galeri Seni Lukisan di Jogja bisa ke Wisata Rumah Jiwa  yang berada di Gambiran, RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul. Dengan nomor hotline : 085327966727

 

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *