fbpx

Jalan Malioboro atau Dalan Maliabara berada diantara Tugu Jogja hingga titik Nol Kilometer. Pusat berbelanjaan ini awalnya tidak hanya di Jalan Malioboro saja, namun lokasi Jalan Malioboro terbentang dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, hingga Jalan Margo Mulyo.  Di sepanjang jalan ini terdapat bangunan bersejarah, diantaranya : Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Umum Satu Maret

Malioboro

Malioboro, Pusat Perbelanjaan yang Bersejarah

Diujung utara jalan Malioboro terdapat hotel terbesar dan tertua dari zaman Belanda, yaitu Hotel Garuda. Di selatan Hotel Garuda, terdapat kepatihan. Kepatihan ini dulunya merupakan kantor pemerintahan Belanda,namun saat ini jadi pusat pemerintahan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di selatannya terdapat banyak pusat perbelanjaan dan perko. Diujung selatan terdapat Pasar Beringharjo disisi timur jalan dan Toko Mirota Batik di barat jalan.

Pasar Beringharjo

Surganya Belanja di Yogyakarta

Malioboro

Sepanjang Jalan Malioboro adalah jantung kota yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat Jogja pada umumnya dan masyarakat yang berwisata di kota Jogja. Pengunjung dapat memilih, mau berbelanja di mana. Toko-toko berjajar dengan megahnya di kanan-kiri jalan Malioboro. Toko-toko ini buka dari jam 09.00 WIB – 21.00 WIB. Toko menjual pakaian dan berbagai kebutuhan dengan berbagai level harga. Di depan toko  terdapat orang jualan dengan jarak 5 kaki dari toko, sehingga disebut pedagang kaki lima, namun saat ini lebih terkenal dengan sebutan perko. Perko ini menjual berbagai souvenir Jogja dengan harga yang sangat ramah dikantong. Jam buka perko ini juga sama dengan jam buka toko. Pasar Beringharjo yang berada di ujung selatan hanya buka dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pasar ini adalah pasar terbesar di Kota Yogyakarta. Sedangkan toko yang memuat perlengkapan terlengkap dari harga paling murah hingga paling mahal terkait souvenir Jogja ada di Toko Mirota Batik. Buat wisatawan yang inggin menikmati malam di Malioboro terdapat warung-warung makan yang berada di sekitar kantor Kepatihan buka hingga dini hari.

Nol km

Setelah puas berbelanja, waktunya merehatkan diri dan menyegarkan hati. Yuk, lanjut wisata di Wisata Rumah Jiwa Hafara yang berada di Gambiran, RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *