fbpx

Satu lagi wisata tradisonal terbaru di Jogja. Wisata itu bernama Taman Glugut.  Wisata ini sangat unik, lain dari yang lain. Bagaimana tidak, daya tarik dari wisata ini terletak pada “glugut”nya. Glugut sudah jarang ditemui di wilayah kota, di kampung-kampungpun jarang warga yang memiliki pohon berglugut, maka, Taman Glugut berhasil menjadi destinasi wisata langka di kota Yogyakarta.

Wisata di Tengah Kebun Bambu

Taman Glugut

Taman Glugut

Taman Wisata Glugut berada di Wonokromo, Pleret Bantul. Lokasi wisata di Bantul ini menawarkan sesuatu yang baru bagi wisatawan Jogja. Mereka mengemas Sungai Opak yang berada di tengah kebon pring (kebun bambu) yang banyak glugutnya sebagai lokasi wisata. Menjadi menarik karena wisatawan dapat berkeliling menggunakan perahu di sungai Opak yang berada diantara pohon bambu. Oleh karenanya lokasi ini disebut Amazon van Java.

Keliling Sungai Menggunakan Perahu

Taman Glugut

Taman Glugut

Wisatawan dapat mengelilingi Sungai Opak dengan menaiki perahu bermesin. Perahu modern ini bisa muat hingga sepuluh orang. Sekali jalan, pengunjung diajak untuk menyusuri sungai menikmati hijaunya pepohonan yang menyejukkan mata. Kapal ini beroperasi dengan rute kawasan Wonokromo hingga Karangwuni. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan keselamatannya karena sebelum naik kapal sudah dibekali dengan pelampung. Sebenarnya pengunjung hanya diminta membayar Rp5.000,00 saja per orang bila ingin menaiki perahu ini. Namun apabila tidak ada teman lain yang mau naik perahu, pengunjung dapat menyewa perahu ini secara privat dengan harga Rp 25.000,00

Lokasi Foto yang Instagramable

Taman Glugut

Selain menyusuri sungai menggunakan kapal, pengunjung dapat memancing, dan berenang karena arus sungai yang tidak begitu deras. Selain itu terdapat gazebo dan warung makan. Sambil mengamati anak-anak bermain di playground, orangtua bisa bersantai di gazebo sambil menikmati kudapan yang ada di warung-warung taman. Berwisata di sini sangat menyenangkan dan cocok untuk semua kalangan. Terlebih untuk masuk ke lokasi wisata ini tidak dipungut biaya.  Dan yang terpenting dari semua hal tersebut, di Taman Glugut terdapat spot foto yang instagramable.

Taman Glugut

Wisata di Taman Glugut terbagi menjadi dua bagian : bagian barat dan bagian timur. Bagian barat berisi kuliner, ayunan, jembatan mini, dan area pemancingan. Sedangkan bagian timur berisi kuliner dan lokasi outbond. Lokasi outbond ini bisa untuk menampung lebih dari 200 orang. Apabila anda dari jalan sebelah barat dan ingin menuju sebelah timur, ataupun berkunjung dari timur ingin menuju sebelah barat, jangan khawatir, pengelola memiliki solusi. Ada sebuah gethek untuk pemyebrangan. Untuk menyebrang menggunakan gethek inipun biayanya seikhlasnya.sehingga tidak membuat kantong bolong.

Segera ajak keluarga anda untuk menikmati wisata keluarga di Taman Glugut dengan biaya murah meriah. Dari sana anda juga bisa berkunjung ke lokasi yang tidak kalah menarik, yaitu Wisata Ramah Jiwa Hafara yang berlokasi di Gambiran, RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *