fbpx
Taman Pelangi

Taman Pelangi

Daerah Istimewa Yogyakarta selain terkenal sebagai kota pelajar juga terkenal karena keragaman destinasi wisatanya. Akhir-akhir ini bermunculan objek wisata baru di wilayah DIY, khususnya di Kabupaten Bantul. Wisata ini menitikberatkan pada wisata berbasis kearifan lokal. Salah satu dari sekian banyak wisata yang baru itu adalah Taman Pelangi

Taman Pelangi di Bantaran Sungai Opak

Taman Pelangi

Taman Pelangi

Taman Pelangi  adalah objek wisata yang sangat menarik dan murah meriah di Bantaran Sungai Opak. Lokasi ini menarik karena dicat warna-warni seperti pelangi dan murah karena tidak dipungut uang masuk oleh pengelola wisata. Kita diperbolehkan memberi uang masuk berapapun seikhlas kita. Jadi bagi anda yang tidak memiliki uang, lokasi wisata ramah anak ini bisa dijadikan referensi.

Objek Wisata ini beralamat di Kampung Bembem, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul. Lokasi ini memang agak masuk ke dalam, akan tetapi teman-teman tidak usah kebingungan karena sudah ada petunjuk arah yang menunjukkan ke mana kita harus berbelok dan memarkirkan kendaraaan. Tentu hal ini sangat membantu bukan. Sesampainya disana kita akan disambut oleh keramahan warga Dusun Bembem, juga dengan kekhasan kulinernya.

Naik Perahu di Taman Pelangi

Taman Pelangi

Destinasi wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung ini awalnya hanyalah tempat pemancingan. Warga tidak berniat untuk menjadikan lokasi ini sebagai lokasi wisata, namun karena adanya badai yang menghanyutkan rumpun bambu dan membawa pasir naik membuat segalanya berubah. Karena tidak ada rumpun bambu untuk berteduh, warga berinisiatif untuk membuat gubuk kecil bagi para pemancing agar dapat berteduh. Selain itu tercetus ide pula untuk membuat ayunan agar bisa digunakan bermain bagi anak-anak. Lama kelamaan banyak anak yang bermain di sana setiap sore hari. Karena ayunan disana dicat warna-warni maka anak-anak menyebutnya Taman Pelangi. Kini taman pelangi tidak hanya taman bermain ayunan yang dicat warna-warni, tetapi juga lengkap dengan wahana lain, seperti spot foto yang instagramable, gazebo, kolam renang dan kapal yang dilengkapi dengan mesin.

Pengunjung bisa menyusuri Sungai Opak menggunakan kapal bermesin. Kita tidak harus menyewa kapal secara keseluruhan. Cukup membayar Rp 5.000,00/anak saja sudah bisa menaiki kapal dan diajak keliling sungai sampai melewati jembatan Sindet sejauh 1.5 Km pulang-pergi. Jangan khawatir, kita akan diberikan pelampung, sehingga aman, meskipun anda tidak bisa berenang.

Konsep Taman Pelangi

Taman Pelangi

Konsep wisata ini ramah anak. Fasilitas bermain anak menjadi fokus utama di sini. Berbagai fasilitas juga disiapkan untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti toilet, tempat ibadah, tempat parkir, kolam renang anak, dan tempat duduk-duduk. Sambil mengawasi putra-putri anda bermain, anda bisa duduk-duduk sambil menikmati jajanan yang dijual oleh warga sekitar.

Bagi anda yang datang tidak hanya dengan keluarga kecil, namun dengan berkelompok, anda dapat memesan pendopo untuk acara anda. Harga Pendopo relative murah, karena hanya dengan membayar Rp 100.000,00 anda sudah bisa menggunakan pendopo selama 3 jam. Apabila anda menginginkan menambah jam, cukup merogoh kocek Rp 25.000,00/jam saja sudah cukup membuat acara anda lancar. Akan tetapi bagi anda yang hanya ingin berlibur saja, anda bisa menggunakan fasilitas gazebo untuk istirahat. Fasilitas ini tidak dipungut biaya.

Berbeda dengan tempat wisata lain, lokasi wisata ini buka dari jam 06.00-22.00. Waw, waktu yang panjang bukan? Jadi, tunggu apalagi, ayok ajak keluarga anda untuk berwisata ke Taman Pelangi. Setelah itu, jangan lupa, berwisata sosial ke Wisata Rumah Jiwa Hafara. Lokasinya hanya 1 Km lho dari Taman Pelangi. Di Wisata Rumah Jiwa, kamu juga tidak akan dipungut biaya.

 

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *