fbpx

Jogja terkenal dengan batiknya. Ada macam-macam model batik yang bisa kita gunakan untuk berbagai kegiatan, baik kegiatan formal ataupun santai. Pilihannya pun sangat beragam. Namun jangan sampai ketika memakainya, salah tempat ya guys. Berikut tips agar kalian tidak salah memilih batik.

Proses pembuatan

Sebelum membeli kalian harus menentukan terlebih dahulu, mau membeli kain batik jenis apa. Perbedaan kain batik ini terletak pada proses pembuatannya. Ada 3 jenis kain batik yang ada di Jogja, yaitu : kain batik tulis, cap dan printing. Setiap proses memiliki harganya masing-masing. Kain batik tulis harganya paling mahal karena prosesnya dibatik satu-satu dengan cara tradisional, kain batik cap harganya diantara kain batik tulis dan printing, karena prosesnya semi manual. Sedangkan yang paling murah adalah kain batik printing karena prosesnya sangat mudah. Biasanya untuk kegiatan formal, orang lebih memilih menggunakan kain batik tulis, sedangkan untuk kegiatan bersantai batik printing lebih dipilih.

Bahan/jenis kain batik

Batik

Kain batik terbuat dari berbagai macam bahan, seperti: dari tumbuhan, binatang dan bahan sintetis. Kain dari tumbuhan seperti kain blaco, mori, dan katun. Kain ini bersifat kuat, tahan cuci, tahan panas dan menyerap keringat. Kain dari binatang seperti wol dan sutra. Kain ini kuat namun tidak tahan cuci, tidak tahan panas dan mudah menghisap keringat. Kain dari bahan sintentis seperti nilon, teteron, dan decron. Kain ini kuat, tidak tahan panas dan tidak bisa menyerap keringat.

 

Motif

Batik

Setiap kain batik dipastikan memiliki motif. Motif dari kain batik ini tidak sekedar motif, melainkan memiliki nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Motif Batik Sidoasih yang biasanya digunakan oleh pengantin menggambarkan bahwa dalam berumah tangga, hidupnya selalu dipenuhi dengan kasih sayang. Motif Batik Kawung hanya diperbolehkan untuk keluarga kerajaan saja, dimana motifnya menggambarkan tentang buah kawung/aren. Motif Batik Parang Rusak mengambarkan arti dari pertarungan manusia melawan kejahatan sehingga dikemudian hari mereka bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana

Warna

Batik memiliki bermacam-macam warna, ada pewarna alam dan pewarna sintetis. Untuk pewarna alam maka anda akan mendapatkan warna-warna pastel yang kalem, sedangkan dari pewarna sintetis anda akan menemukan batik-batik dengan warna menyala. Biasanya batik yang digunakan untuk acara formal di Jogja adalah batik berwarna tanah ataupun batik berwarna monokrom (hitam dan putih)

Model

Setelah anda memutuskan untuk memilih batik yang apa, terakhir kali yang harus anda lakukan adalah memilih modelnya. Anda inggin menggunakan batik ini untuk acara formal atau casual. Jangan sampai salah model ya guys. Meskipun batik, tidak semuanya bisa digunakan untuk acara formal. Untuk acara casual biasanya batik bergambar flora ataupun fauna dengan warna dasar terang.  Untuk batik formal dalam bentuk kemeja biasanya hanya dengan satu corak motif dan lebih elegan dengan warna yang lebih soft.

Batik

Setelah anda memilih batik, anda bisa menggunakan ke tempat yang anda ingginkan. Apabila anda telah memilih batik casual berbahan kaos, cocok banget tu untuk kegiatan berwisata jiwa ke Wisata Rumah Jiwa yang beralamat di RT 11, Blawong 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *